Breaking News


Friday, December 5, 2014

Merubah Pola Pikir Sukses

Merubah Pola Pikir Sukses - Setiap orang yang berada dimuka bumi ini pasti ingin mendapatkan kesuksesan, tidak hanya orang tua saja, bahkan anak muda yang baru lulus sekolah atau kuliah jika ditanyakan apakah ingin sukses pasti mereka akan menjawab ia.

Tapi jika difikir, sukses itu seperti apa ? banyak orang bertanya apakah sukses itu harus menjadi kaya, atau sukses itu harus memiliki segalanya, atau sukses itu cukup menikmatinya saja, sebenarnya kata sukses ini adalah kata yang amat sangat global, bukan kata yang spesifik dan juga sangat terperinci dan juga jelas.

Disini kita akan merubah pola pikir sukses anda, pola pikir yang dianggap monoton akan menjadi sangat bermakan dan juga sangat efisien. Kesuksesan ini dapat diraih dengan cara berusaha semaksimal mungkin, dan juga tidak pantang menyerah akan tetapi harus tetap berdoa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

Prinsi - prinsip Sukses 
Prinsip dasar kesuksesan adalah senang, mengapa senang ?, karena apabila dalam seseorang merasa selalu sedih dalam setiap pekerjaan atau usahanya, apakah itu akan disebut senang, tentu tidak. Karena prinsip utama dari sukes adalah senang.
Akan tetapi banyak orang yang beranggapan cara meraih kesenangan itu adalah dengan memiliki segalanya, dengan banyak harta dan juga kaya raya. Pernah terfikir di benak anda, apaka seseorang yang kaya raya dan punya harta melimpah akan merasa senang dalam kehidupannya ?
Jika dilihat dari mata luar memang mereka akan terlihat senang karena punya banuak uang dan juga punya segalanya. Akan tetapi jika kita mengetahui kedalamannya pasti akan terfikir bahwa uang itu bukan segalanya.

Banyak sekali orang yang memiliki harta banyak dan juga berlimpah tetapi sakit-sakitan, banyak juga orang yang kaya anak atau istrinya tidak benar. Dan banyak sekali orang yang merasa dia hebat dan kaya padahal uang dari hasil korupsi atau hal-hal semacamnya, itukah yang disebut dengan kesuksesan dan dengan prinsip senang akan tetapi menghalalkan segala cara untuk meraihnya ?.

Ini adalah tentang paradigma dari kesuksesan itu seperti apa, pola pikir yang seperti apa yang memandang kesuksesan dan juga bagaimana menciptakan sukses itu dari jalan yang berkah dan juga jalan yang halal.

Pengertian Sukses Menurut Penulis
Sukses memiliki arti dan juga pengertian yang global, akan tetapi pasti setiap orang memiliki paradigma bagaimana sukses itu. Menurut penulis prinsip dan juga paradimga sukses itu sangat simpel dan juga sederhana, saya beranggapan bahwa sukses itu bukan kita memiliki harta yang banyak, bukan kita memiliki mobil yang mewah atau bukan kita memiliki rumah yang besar. 
Guru ngaji saya pernah memberikan motivasi dan juga penjelasan, bahwa harta itu sebenarnya bukan pemberian, melainkan ujian yang diberikan kepada Allah, pernah dengar kata istidjrat ?
Istidrat adalah memberikan kesenangan dan juga kenikmatan sampai tinggi lalu menjatuhkannya, mungkin arti dari istidjrat bagi penulis  masih kurang dimengerti, akan tetapi coba kita tengok sabda nabi muhammad.

" Apabila kamu melihat bahwa Allah Taala memberi nikmat pada hambanya yang selalu berbuat maksiat ( durhaka ), ketahuilah bahwa orang itu telah di istidjratkan oleh Allah ".

Mungkin bila diisyaratkan dengan gambar, maka istidrat akan seperti ini.

Bagaimana, sudah mengerti makna ini, bahwa kita sebenarnya harus berhati-hati dengan pola fikir sukses yang hanya mementingkan harta dan juga hanya duniawi, karena jika kita lupa dan lalai kepada Allah maka pasti kita akan jatuh ke jurang yang sangat pedih dan juga ke jurang yang sangat panas yaitu api neraka.

Nah bagaimana sih prinsip sukses menurut penulis, menurut saya prinsip sukses dan juga pengertian dari sukses adalah merasa cukup dan juga mampu memberikan manfaat kepada orang lain. 

Sebenarnya 2 hal ini yang sulit, maka dari itu apabila berhasil saya akan sukses, dari kata-kata ini cukup sederhana akan tetapi menjalankannya bukanlah hal yang mudah.

Merasa Cukup
Manusia yang ada dimuka bumi ini, pasti selalu merasa kurang. Kecuali orang-orang yang tasauf yang memang hidup hanya untuk akhirat, akan tetapi anak muda seperti saya akan selalu merasa kurang, karena harta dunia itu seperti air laut, tidak akan pernah habis-habis dan juga kita tidak akan pernah merasa cukup. 
Cara untuk merasa cukup adalah selalu bersyukur, ini yang mungkin masih belum bisa dilakukan oleh saya karena saya jarang dan suka lupa untuk bersyukur kepada Allah, tapi dengan syukur hidup ini pasti lebih aman dan juga nyaman, dengan bersyukur kita akan lebih tentram dalam menjalankan kehidupan. Semoga saja saya bisa mengamalkan rasa syukur ini dan harus sering-sering melihat orang yang dibawah dan bukan melihat orang yang diatas.

Memberi Manfaat Kepada Orang Lain
Ini adalah hal yang sedang dilakukan oleh saya, yaitu memberi manfaat kepada orang lain, jadi untuk hal ini saya pikir saya sukses akan tetapi hanya 20% karena saya masih kurang 80% untuk komitmen memberikan manfaat kepada orang lain. Caranya dengan apa ?
Banyak sekali cara untuk memberikan manfaat kepada orang lain, dengan cara menulis artikel bermanfaat seperti saya, mengajar anak-anak yang kurang mampu atau dengan hal-hal lainnya.

Apakah akan mendapatkan uang ? sebenarnya bagi saya uang bukan segalanya, tapi apapun yang harus dilakukan akan membutuhkan uang, ya sekedarnya saja dan jangan terlalu berlebihan. Karena sesuatu yang berlebihan itu tidak akan baik akhirnya.
Menurut saya rizki itu sudah diatur oleh Allah, jadi kita tidak perlu takut dan tidak perlu gelisah, maka tetap bersyukur.

Kesimpulan
Kesimpulan dari tulisan diatas, adalah bagaimana kita merubah pola pikir kesuksesan ini ke pola fikir sukses yang bermanfaat bagi dunia dan juga akhirat, pola fikir sukses yang berguna bagi nusa dan bangsa, bukan sukses yang hanya mementingkan kebutuhkan perut dan juga hawa nafsu semata, karena itu mudah-mudahan bagi yang membaca akan merubah pola fikir sukses itu seperti apa dan juga dapat bekerja keras untuk meraih sukses dan menuju kesuksesan itu.
Share This
Blogger
Facebook
Disqus

comments powered by Disqus

About Us

Advertisment

Like Us

© Naufal Area All rights reserved | Designed By Blogger Templates | Programmer Website