Breaking News


Friday, July 11, 2014

Jangan Membuat Anak Kecil Terlalu Cinta Tekhnologi


Zaman sekarang adalah zaman canggih yang serba cepat dan tepat, begitu pula dengan permainan yang sangat canggih, dahulu ketika saya masih kecil permainan yang terkenal itu adalah Play Station yang di singkat dengan sebutan ps, sekarang permainan yang ada di ps sudah di kemas dengan mudah ke dalam Handphone.

Dulu, pada waktu saya masih kecil anak – anak tidak sibuk dengan handphone masing – masing, akan tetapi bermain petak umpet, benteng, galaxin, bt7 dan masih banyak lagi.

Sekarang permainan yang seperti dulu telah hilang di telan bumi mungkin, permainan yang ada sekarang sudah terkemas di smartphone android.

Permainan yang terkenal :
  1. Clash of Clans
  2. Castle Clash
  3. POU

dan masih banyak lagi sebenarnya permainan yang terkenal di smartphone, termasuk saya yang ketagihan dengan 3 permaianan ini, akan tetapi apabila anak – anak zaman sekarang disuguhkan dengan permainan yang hanya mengembangkan otak dan strategi virtual, bukan dengan strategi dari tubuh, bisa membuat tubuh tidak sehat karena tidak banyak gerak.

Coba bagi orang tua yang merasa anaknya kurang mendapatkan pelajaran dari dunia luar tentang arti pertemanan dan bukan berkutat dengan game, ajak anak – anak bermain seperti permainan anak – anak zaman dahulu.

Tekhnologi juga membuat anak – anak yang tidak memiliki pelajaran tentang agama dapat membuat tekhnologi menjadi negatif loh, saya pernah bertanya kepada anak – anak, bahwa apa kegunaan gadget atau handphone bagi kalian ?

Dengan nada lugu dan polosnya anak itu menjawab untuk bermain game. Dan coba difikirkan, kalo memang anak – anak ketagihan bermain game sudah pasti mereka malas untuk mengaji di masjid, dan sejujurnya tekhnologi dan pengetahuan itu adalah nomor 2, dan yang harus di tingkatkan itu adalah iman dan mental berani bertarung.

Maka dari itu kelola lah pola orang tua seperti mengajak bermain seperti permainan zaman dahulu yang membuat badan sehat dan bugar, serta jangan lupa ajak mengaji karena itu hal terpenting, dengan begitu anak - anak menjadi sehat dan selalu semangat.

Tips agar anak – anak mau jadi kawan :

  1. Ajak anak – anak berkomunikasi secara intensif.
  2. Jangan pernah menyela anak – anak bila sedang bercerita.
  3. Tuangkan imajinasi dalam diri mereka agar mereka dapat senang.
  4. Berilah apa yang anak – anak suka akan tetapi dengan kreatifitas.
  5. Jangan pernah pasang muka kesal terhadap mereka, karena mereka menginginkan kesenangan
  6. Jadilah kawan dan bukan sebagai orang yang lebih tua.
  7. Jalin dengan memberikan nasihat – nasihat yang akan selalu diingat


Semoga bermanfaat dan juga kita sebagai orang yang lebih dewasa jangan membuat anak – anak lebih mencintai permaian dalam dunia smartphone atau dalam gadget daripada keluarga dan sahabatnya.
Share This
Blogger
Facebook
Disqus

comments powered by Disqus

About Us

Advertisment

Like Us

© Naufal Area All rights reserved | Designed By Blogger Templates | Programmer Website